Berikut adalah 10 tips untuk membantu Anda memilih layanan web hosting yang tepat untuk situs web bisnis Anda

Mengikuti langkah-langkah ini akan mencegah kesalahan yang dapat menciptakan masalah besar bagi perusahaan Anda.

1. Tentukan jenis web host yang Anda butuhkan.

Memahami kebutuhan bisnis Anda dapat membantu menyempitkan pilihan web hosting Anda. Misalnya, jika situs web Anda memiliki fitur video blogging, siaran langsung 24 jam, dan kemampuan bagi pengunjung untuk mendaftar dan mengunggah video, web host Anda harus mampu menampung tuntutan ini. Sebaliknya, jika Anda menggunakan situs web Anda sebagai resume virtual, kebutuhan hosting Anda akan minimal.

Situs web dengan lalu lintas harian yang luas mungkin tidak akan berfungsi baik pada server web bersama, yang dirancang untuk menampung banyak situs web kecil dengan permintaan terbatas.Berikut adalah 10 tips untuk membantu Anda memilih layanan web hosting yang tepat untuk situs web bisnis Anda. Mengikuti langkah-langkah ini akan mencegah kesalahan yang dapat menciptakan masalah besar bagi perusahaan Anda.

2. Pilih paket web hosting yang tepat.

Banyak bisnis kecil beralih ke shared hosting untuk menghemat uang. Namun, dengan harga yang lebih rendah datang risiko waktu respons situs web yang lambat. Masalah ini kemungkinan disebabkan oleh lonjakan lalu lintas pada server dengan bandwidth terbatas. Situs web yang lambat dapat membuat pelanggan pergi dan dapat menyebabkan kerugian besar.

Sebagai alternatif, hosting server virtual pribadi (VPS) sedikit lebih mahal, tetapi memberikan kinerja web yang lebih cepat dan berkualitas tinggi serta memberikan pengalaman pelanggan yang baik. Hosting VPS adalah opsi yang lebih efisien untuk situs web besar dengan lalu lintas yang diantisipasi tinggi.

3. Baca ulasan tentang perusahaan web hosting.

Acu pada situs web tepercaya saat Anda meneliti keandalan dan reputasi web host. Mencari tahu tentang perusahaan web hosting melalui ulasan pihak ketiga dapat membantu Anda menemukan masalah atau keluhan yang konsisten dari pengguna saat ini dan sebelumnya. Perhatikan bagaimana perusahaan menanggapi keluhan, jika ada. Tanggapannya akan memberi Anda gambaran tentang bagaimana perusahaan tersebut menangani pelanggan yang tidak puas.

4. Dapatkan bandwidth yang tepat dari web host Anda.

Meskipun sebagian besar situs web baru tidak menggunakan banyak bandwidth, penting untuk meninggalkan ruang untuk pertumbuhan. Pastikan bahwa perusahaan web hosting yang Anda pilih tidak mengunci Anda pada kecepatan internet atau jumlah bandwidth tertentu dan kemudian membebankan biaya tambahan jika Anda harus merevisi rencana hosting Anda nanti.

5. Jangan memilih perusahaan web hosting hanya berdasarkan harga.

Ketika Anda seorang pemilik bisnis baru dengan anggaran terbatas, bisa menggoda untuk mendaftar dengan perusahaan web hosting termurah. Namun, harga terendah mungkin berarti server lambat, layanan pelanggan buruk, waktu downtime konstan, atau asosiasi dengan ribuan situs web yang tidak profesional.

6. Baca syarat dan ketentuan perusahaan web hosting.

Kebanyakan orang menerima syarat dan ketentuan sebuah perusahaan tanpa repot-repot membaca persis apa yang mereka setujui. Ini dapat mengakibatkan biaya, kebijakan, dan batasan yang tidak diinginkan. Selain itu, syarat dan ketentuan perusahaan web hosting biasanya mencakup kebijakan pengembalian dana, yang menjadi informasi penting jika Anda memiliki pengalaman negatif atau menemukan layanan yang lebih baik.

7. Uji dukungan pelanggan web host.

Saat Anda meneliti perusahaan web hosting, identifikasi cara menghubungi dukungan pelanggan penyedia. Apakah Anda dapat dengan cepat dan mudah menghubungi perwakilan melalui email, obrolan, atau telepon? Jika ya, bagus. Selanjutnya, untuk menilai kualitasnya, lihat bagaimana dukungan pelanggan merespons pertanyaan Anda. Pastikan untuk menguji setiap fitur dukungan sebelum Anda membeli layanan apa pun untuk melihat apakah kebutuhan bisnis Anda akan terpenuhi.

8. Ketahui rencana cadangan web host.

Tidak masalah mengapa situs web Anda turun atau mengapa Anda kehilangan data. Anda perlu tahu apakah perusahaan web hosting Anda memiliki rencana cadangan untuk membantu Anda pulih. Memulihkan data, kode, atau konten yang hilang dari situs web dapat menghabiskan ratusan atau ribuan dolar. Selain itu, pertimbangkan semua waktu yang akan dibutuhkan untuk membuat ulang seluruh situs web Anda. Saat Anda menyelidiki calon web host, cari tahu bagaimana mereka menangani skenario terburuk.

9. Tanyakan tentang fitur keamanan perusahaan web hosting.

Pelanggaran keamanan dapat menghancurkan bisnis kecil. Pastikan bahwa perusahaan web hosting Anda memiliki Secure Sockets Layer (SSL) untuk melindungi informasi pribadi pelanggan Anda. SSL penting untuk memfasilitasi transaksi online yang aman dan terjamin; setiap perusahaan web hosting yang Anda pertimbangkan harus menyediakan fitur ini.

10. Hindari perusahaan web hosting baru yang tidak dapat menangani pertumbuhan.

Perusahaan web hosting baru sering menawarkan harga rendah, berharap mereka akan mendapatkannya dengan banyak klien sekaligus. Namun, sebagian besar perusahaan hosting baru tidak dilengkapi untuk mengelola banyak klien sekaligus. Lebih baik tetap dengan perusahaan yang lebih mapan yang dapat menangani pertumbuhan tanpa mengorbankan pengalaman pelanggannya.

Mengapa memilih layanan web hosting yang tepat penting?

Memilih layanan web hosting yang tepat sangat penting karena pertumbuhan, kesuksesan, dan reputasi bisnis Anda dipertaruhkan. Anda harus memastikan bahwa penyedia web hosting Anda dapat menangani kebutuhan Anda dan menjaga situs web Anda online. Pertimbangkan fitur penting berikut:

Situs dan data yang aman: Tingkat keamanan yang tinggi sangat penting. Penyedia web hosting Anda harus melindungi situs Anda dari peretas dan spammer. Tanpa keamanan yang memadai, Anda mungkin menjadi korban pelanggaran data, data atau kode korup, dan konten yang dicuri. Insiden keamanan berarti lebih banyak pekerjaan bagi Anda dan potensi kehilangan penjualan. Mereka mengekspos data perusahaan dan pelanggan Anda, menghancurkan kepercayaan pelanggan, dan mencemari reputasi Anda.

Waktu aktif yang konsisten: Tujuan Anda adalah menjaga pelanggan di situs Anda dan meningkatkan penjualan. Anda tidak dapat melakukannya jika situs Anda mengalami downtime yang terkait dengan hosting secara teratur. Jika situs web Anda tidak aktif, mesin pencari tidak dapat mengakses dan mengindeks konten Anda, dan ini merugikan peringkat situs web Anda dan kredibilitas perusahaan Anda